Rabu, 09 Maret 2016

Observatorium Bosscha


Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha (dahulu bernama Bosscha Sterrenwacht)
dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Observatorium Bosscha berlokasi di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 km di bagian utara Kota Bandung dengan koordinat geografis 107° 36' Bujur Timur dan 6° 49' Lintang Selatan. Tempat ini berdiri di atas tanah seluas 6 hektare, dan berada pada ketinggian 1310 meter di atas permukaan laut atau pada ketinggian 630 m dari dataran tinggi Bandung. Kode observatorium Persatuan Astronomi Internasional untuk observatorium Bosscha adalah 299. Tahun 2004, Observatorium Bosscha dinyatakan sebagai Benda Cagar Budaya oleh Pemerintah. Karena itu keberadaan Observatorium Bosscha dilindungi oleh UU Nomor 2/1992 tentang Benda Cagar Budaya. Selanjutnya, tahun 2008, Pemerintah menetapkan Observatorium Bosscha sebagai salah satu Objek Vital nasional yang harus diamankan. (https://id.wikipedia.org/wiki/Observatorium_Bosscha)
Bosscha adalah salah satu tempat yang ingin aku kunjungi di Bandung. Selain karena tempat itu bersejarah, aku juga selalu tertarik dengan dunia perbintangan seperti tata surya, galaksi dan lain sebagainya. Disamping itu aku juga sangat penasaran dengan Bosscha setelah menonton film Petualangan Sherina. hehe. Dan akhirnya aku bisa berkunjung kesana. Berikut beberapa foto yang aku ambil.










Foto-foto tersebut diambil 9 Maret 2016 bertepatan dengan terjadinya Gerhana Mata Hari Total. Aku merasa bersyukur sekali bisa menyaksikan secara langsung GMT tersebut karena ini sangat langka.


Aku berharap Bosscha akan terus terjaga dan terpelihara sehingga bisa menjadi tempat yang akan selalu diminati oleh semua orang untuk dikunjungi. 
Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...